Ketika Kriteria Anak dan Orang Tua Tak Lagi Sama (1)

1 min


“Nak, Umik ingin menantu yang sholehah. Kalau bisa lulusan pesantren. karena kalau sudah santri, Insya Allah karakternya sudah terjamin. Apalagi kalau wanita itu hafidzoh. Yang sudah hafal al-qur’an. Subhanalloh… umik ingin keturunan umik terjamin kualitas agamanya.”

Apa yang kalian rasakan ketika membaca kalimat itu?
Untuk yang lelaki, okelah sepertinya persyaratan umik diatas sudah lebih dari cukup. Bahkan kalau bisa ditambah cantik parasnya. Cakep tuh digandeng kemanapun. Ini untuk yang ukuran lelaki yang paham Agama.

Tapi ada lagi niih… tipe lelaki yang Agamanya biasa saja, tapi keluarganya paham sekali dengan agama. Sehingga menentukan kualitas Wanita sangat berbeda dengan apa yang di Inginkan si Lelaki.

Apalagi, kalau si Lelaki sudah terlanjur menggandeng Wanita lain, memacarinya bahkan sudah berjanji untuk menikahi wanita pilihannya. Namun keluarga sama sekali tidak setuju dengan pilihannya. Hal tersebut sudah biasa terjadi. Kemudian keluarga mencarikan Wanita yang berbanding terbalik dengan pilihan si Lelaki.

Korbannya siapa? Kedua wanita tersebut. Yang dipacari dan yang dijodohkan.
Lantas bagaimana cara meredamnya? Agar bisa netral keduanya?
Kalau sudah terlanjur, bicara baik-baik dengan keluarga adalah solusinya. Tanpa emosi dan mementingkan ego semata. Sulit memang. Tapi apa salahnya dicoba?
Dan kalau belum terlanjur, WASPADALAH! Sebelum engkau menentukan kriteria calon istri, tanyakan dulu pada Orang tua. Kriteria calon menantu idaman seperti apa menurut mereka. Jangan “grusa-grusu” untuk mengajak berpacaran anak gadis orang. Apalagi sampai janji akan menikahinya.

Sudah lumrah jika Orang tua memilih, memilah bagaimana menantu Idaman bagi mereka. Namun yang harus diingat, yang dinamakan “idaman” itu tidak harus sempurna segala sesuatunya. Karena tidak ada wanita yang sempurna di Dunia ini. dan yang pasti, wanita dan keluarganya juga akan memilih dan memilah bagaimana Lelaki itu bisa menjadi pendamping hidup yang Baik (bukan sempurna) yang bisa sama-sama saling bergandengan untuk menuju ke Surga kelak.

Bersambung….


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Retno fiorenzah
masih ingin istiqomah menulis untuk kebaikan

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item