Yuk, Pelihara Lingkungan Dengan Menerapkan Zero Waste Lifestyle Berikut Ini!

4 min


Ilustrasi Zero Waste Lifestyle Via: geosiar.com

By : Khoirur Roziqin

Editor : Rifqi Rahman

Akhir-akhir ini permasalahan sampah menjadi permasalahan dunia, suatu permasalahan yang tidak lagi sepele. Sebagai bukti, baru-baru ini ditemukan bangkai paus di Filipina dengan fakta yang mengejutkan bahwa paus mati setelah menelan 40 kg sampah plastik. Anda dapat membayangkan bagaimana 40 kg sampah plastik berada dalam perut, dimana plastik merupakan suatu bahan yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan. Paus meregang nyawa.

Setelah dilakukan pembedahan, 40 kg sampah plastik tadi terdiri dari 16 karung beras, beberapa tas belanja dan sampah plastik yang biasa digunakan untuk keperluan perkebunan pisang. Nah, pertanyaannya, apa gerangan yang terjadi sampai harus ada hewan laut memakan sampah plastik berkapasitas 40 kg? Apakah sudah sebegitu membludaknya sampah plastik di laut itu?

Paus mati menelan sampah via: news.detik.com

Senasib dengan paus di Filipina tadi, hal serupa juga dialami oleh penyu jenis Lekang atau Olive Ridley. Anda bisa mengetik judul Sea Turtle with Straw up Its Nostril di YouTube, dan anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana menderitanya si penyu yang hidungnya tertancap sedotan plastik dengan panjang lebih dari sepuluh senti. Si penyu sampai harus menutup mata dengan mulut ternganga menahan perih yang amat sangat ketika seseorang berusaha melepaskan plastik tersebut dari hidungnya. Sungguh menyakitkan dan memprihatinkan.

Pertanyaannya juga sama, apakah sudah sedemikian membludaknya sampah itu? Sampai beberapa contoh hewan ini terkena imbasnya? Memakan sampah dan celaka karenanya?

Hidung penyu tertancap sedotan plastik via: huffpost.com

Oleh karena itu, sekarang—mau tidak mau—terkait permasalahan sampah ini kita harus segera mencari solusi dan jalan keluar terbaik. Kalau tidak segera diatasi sampah bisa mengancam kehidupan manusia pada masa mendatang.

Dua contoh ikan paus dan penyu tadi mungkin hanyalah segelintir contoh, dan sudah bisa dipastikan selain itu masih banyak kasus-kasus yang disebabkan sampah plastik di lautan yang belum diketahui. Sekarang mari hubungkan dengan Indonesia, bahwasanya Indonesia adalah penghasil sampah plastik kedua terbesar di dunia. Kemudian baru terungkap, kalau ternyata Indonesia juga dijadikan tempat sampah oleh negara maju seperti negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat. Sangat miris sekali, Indonesia sudah peringkat kedua penghasil sampah plastik ditambah lagi keharusan menampung sampah dari luar negeri.

Dari berbagai permasalahan sampah ini, maka sudah tidak ada waktu lagi untuk segera mengubah gaya hidup yang ‘membuang sampah pada tempatnya’ diganti dengan ‘tidak menghasilkan sampah (plastik) apapun’. Memang bukan hal yang mudah tetapi juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Ini hanya soal kebiasaan. Hanya perlu merubah gaya hidup sedikit demi sedikit dan perlu adanya komitmen. Maka Zero Waste Lifestyle bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terkait permasalahan ini; bahwa zero waste secara sederhana dapat diartikan sebagai perencanaan ulang daur sumberdaya, dengan proses terbaiknya yaitu meniru bagaimana sumberdaya didaur ulang secara alami.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menerapkan zero waste demi menanggulangi masalah membludaknya sampah;

Membawa wadah makan

 

Wadah makanan via: bobo.grid.id

Sebenarnya ide ini bukanlah hal baru, di California Amerika Serikat sudah diberlakukan aturan untuk masyarakat apabila membeli makanan dan hendak dibawa pulang maka haruslah membawa wadah makanan sendiri. Hal ini diberlakukan guna mengurangi kemasan sekali pakai yang jelas berpotensi menyumbang kuantitas sampah.

Kebiasaan ketika kita membeli makanan di warung misalnya kemudian dibawa pulang, sampahnya tentu kita buang. Nah untuk mengurangi produksi sampah model begini maka solusinya adalah membawa wadah makanan sendiri. Sangat menarik bukan? Perlu kita coba demi kebersihan kita sendiri.

Membawa tumbler

Tumbler via: infopublik.id

Membawa tumbler atau botol minuman kemana-mana? Mengapa tidak? Ketimbang kita harus membeli setiap kali kita haus ketika sedang di luar rumah, maka membawa air minum sendiri adalah suatu langkah yang jauh lebih hemat. Hitung saja misalnya, kita yang membeli minuman kemasan dengan harga Rp. 2000 – 5000 per botolnya, kalikanlah sehari berapa kali kita membeli dan kalikan lagi selama satu bulan. Sangat boros bukan?

Maka dari itu, membawa tumbler adalah solusi menarik, selain memberikan manfaat terhadap kantong juga dapat menunjang budaya hidup bebas sampah. Sebab, jika kita terus menerus membeli air kemasan, maka kemasannya yang berbentuk plastik itu akan menjadi sampah.

 

Sedotan stainless

Sedotan stainless via: idntimes.com

Sedotan stainless selain dapat membantu mengurangi sampah plastik, ia ternyata memberikan manfaat unik terkait kesehatan. Sedotan ini tidak melunturkan BPA atau Bisphenol A yaitu suatu bahan kimia industri yang biasa digunakan untuk memproduksi berbagai jenis plastik dimana sedotan plastik juga termasuk, dan unsur ini bisa membahayakan.

Nah, perlu dicoba bukan? Selain sehat sebagaimana dijelaskan itu, sedotan stainless ini juga sangat praktis, dapat dibawa kemana-mana, dapat digunakan berkali-kali, tampilannya juga elegan. Mari dicoba!

Memakai tote bag

 

Tote bag via: idntimes.com

Anda sudah tahu tentang tote bag ini, yaitu tas jinjing. Tas model begini amat sangat menguntungkan, anda bisa memakainya untuk memenuhi fungsi membawa barang atau bahkan sampai pada style. Tapi yang paling penting, jika anda memakai tote bag dan membeli barang di toko atau market sejenisnya maka anda tidak perlu menerima plastik dari penjualnya, sebab anda sudah mempunyai bungkus sendiri, dan dapat digunakan berkali-kali.

Nah, demikian tote bag juga memberikan dukungan terhadap minimalisir sampah plastik bukan? Memakai tote bag anda bisa gaya sekaligus bermanfaat terhadap lingkungan. Layak dicoba.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka gaya hidup zero waste tidak hanya berefek untuk lingkungan saja, tidak hanya dapat menyelamatkan sesama makhluk hidup dari rusaknya lingkungan akibat sampah, tetapi juga bisa membuat kita menghemat pengeluaran. Istilahnya adalah efisiensi anggaran belanja. Seumpama pas kita lagi di luar rumah tetapi tidak membawa tumbler maka dengan adanya komitmen, kita tidak akan membeli air minum dalam kemasan dan efek dominonya kita bisa menabung dari uang yang tidak jadi kita belikan air dalam kemasan.

Perlu diketahui bahwasanya masyarakat Indonesia tanpa disadari sejak tempo dulu sudah menerapkan gaya hidup zero waste, tetapi karena efek negatif kapitalisme global membuat masyarakat Indonesia sekarang ini secara tanpa disadari telah meninggalkan budaya leluhur. Kalau, pada zaman nenek moyang dulu, untuk menghormati tamu, dibuatkan teh atau kopi dalam teko dan disediakan gelas kaca untuk menuangkan teh atau kopi. Sementara dewasa ini? Masyarakat Indonesia beralih membeli air minum atau mungkin teh dan kopi dalam ukuran kecil untuk menyuguhkan kepada tamu. Memang praktis dan kita tidak repot untuk mencuci gelas dan teko. Tetapi secara tidak sadar, kita pasti menghasilkan minimal satu plastik dan sedotan sekali pakai. Ini masih satu keluarga belum keluarga yang lainnya. Bisa dibayangkan bukan? Ayo teman-teman mulai sekarang menerapkan gaya hidup zero waste!

 

 

Klik salah satu link grup di bawah ini dan mulai bergabung dengan ribuan teman yang lain untuk berbagi informasi pendidikan dan diskusi:
Klik Gabung Channel Info Pendidikan dan Karir
Like Facebook Starla
Follow Instagram Starla
Follow Twitter Starla
GRUP TELEGRAM
Info Pendidikan Nasional, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.
GRUP FACEBOOK
Info Pendidikan, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.


BAGIKAN SEKARANG !
9

Share to Care

Ada banyak temanmu yang harus tahu tentang ini 😊

Pilih Format Postingan
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Artikel
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format