Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Tak Terduga dari Menulis!

3 min


Manfaat menulis via: pixabay.com

By Niswa Hikmah

Editor : Rifqi Rahman

Menulis bukanlah aktivitas yang tabu bagi semua orang. Tidak ada orang yang tidak pernah menulis. Keseharian kita diisi dengan aktivitas ini, sehingga semua orang pasti pernah menulis. Setidaknya, menulis tugas sekolah atau laporan kerja. Jika tidak dengan pena, maka tentu dengan ketikan.

Nah, sekarang percayakah anda apabila menulis ternyata dapat membebaskan seseorang dari stres, depresi, bahkan penyakit psikologis lainnya? Bahkan menulis ternyata juga dapat membuat kesehatan anda terjaga dan terjamin, dan lebih jauh dari itu menulis—percaya atau tidak—dapat membuat keberuntungan (luck) anda semakin meningkat. Percayakah? Mari simak ulasan berikut ini!

Menulis jurnal via: pixabay.com

John Sarno Tentang Hubungan Menulis dan Kesehatan

Laksana pernah menulis di blog pribadinya yang bertajuk Ruang Berbagi. Ia mengutip pernyataan Prof. John Sarno, seorang guru besar Ilmu Kedokteran di New York University, “Menulislah dan anda akan sehat!” Begitu kutipannya.

Profesor ini adalah ahli tulang belakang dengan track record telah berhasil menghadapi lebih dari 10 ribu pasien kronis dengan masalah punggung dan tulang belakang. Nah, Sarno ini menggunakan pendekatan yang sangat unik, ia percaya tentang prinsip kesaling-terkaitan antara tubuh dan pikiran; karenanya, dalam bukunya yang berjudul Healing Back Pain: The Mind-Body Connection ia menyimpulkan bahwa faktor emosi dapat memberikan dampak besar terhadap munculnya kerusakan fisik seseorang. “Jika anda mengalami rasa sakit, maka periksalah apa yang membangkitkan kemarahan atau kecemasanmu.” Kata John Sarno. Artinya jika anda mulai merasa kesakitan pada fisik, maka cobalah ingat-ingat kembali apa kiranya hal-hal yang telah anda lalui dan hal-hal tersebut membuat anda beremosi negatif (marah/cemas).

Awalnya, tidak ada yang mau mendukung asumsi John Sarno ini, kalangan medis tentu tidak menerima persepsi bahwa ada hubungan antara pikiran dan tubuh. Tapi John Sarno tidak pantang arang, ia tetap berusaha mempraktikkan pendekatannya dan hasilnya ia dapat membuktikan kebenaran pendekatannya itu.

Sarno memiliki data, ia tunjukkan bukti dari 3 ribu pasien yang ia tangani, tingkat keberhasilan yang ditunjukkan melalui pendekatan tadi mencapai 70%. Sisanya, 15% telah mengalami perbaikan dengan prosentase 40-80%. Kemudian hubungannya dengan menulis? Nah, inilah dia, ternyata Sarno dalam mengeksekusi pendekatannya itu, ia menyarankan kepada para pasiennya untuk menulis jurnal atau catatan harian; tujuannya? Tentu saja untuk mengenali dan memahami apa yang telah memengaruhi emosi negatifnya, dan kedepan diminta untuk menghindari faktor tersebut.

Maka dari itu, menulislah anda, kenalilah emosi dan hal-hal yang memengaruhi emosi anda melalui tulisan itu, maka anda akan sehat.

Menulis diary via: kurio.id

Menulis meningkatkan keberuntungan

Apakah hanya kesehatan dampak dari menulis itu? Sayangnya tidak. Anda perlu tahu ini, bahwa ternyata menulis dapat mendatangkan kepada anda sesuatu yang bernama luck, keberuntungan.

Masih merujuk pada apa yang ditulis oleh AS. Laksana, dimana ia mengutip kalimat dari Richard Wiseman, “Menulislah dan kamu akan meningkatkan keberuntungan.”

Wiseman ini mengembangkan suatu projek yang diberi nama Luck Project. Projek ini sebenarnya bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang sungguh unik, yaitu apa sih sebenarnya yang menjadi faktor dimana orang selalu beruntung sementara orang-orang yang lain selalu sial?

Uniknya lagi, Wiseman menggunakan pendekatan menulis dalam projeknya itu. Ia memberikan instruksi kepada peserta projek untuk membuat semacam diary yang diberi judul Luck Diary. Nah, di dalam buku harian itu para peserta menulis apa saja keberuntungan yang didapatkan, setiap hari. Dari ini anda bisa bayangkan sebenarnya melalui menulis kita akan menyadari bahwa telah banyak keberuntungan-keberuntungan yang kita dapatkan, dan kita harusnya mensyukuri itu.

Menulislah, maka anda akan menjadi orang yang sehat dan merasa secara psikologis diberkahi oleh keberuntungan-keberuntungan!

Menulis membuat bahagia via: goodnewsfromindonesia.id

Efek Jangka Pendek-Panjang dari Menulis

Dua poin di atas ternyata berkaitan dengan apa yang diungkapkan oleh Pennebaker dan Beal. Dilansir dari psikologikita.com, penelitian oleh Pennebaker dan Beal pada 1986 di Amerika telah menyebutkan bahwa kebiasaan menulis pengalaman hidup yang berharga dapat menurunkan masalah kesehatan. Dan untuk menulis dalam jangka panjang dapat menurunkan stres dan tekanan darah, meningkatkan imun tubuh, serta memengaruhi mood dan membuat seseorang lebih bahagia. Menulis juga dapat mengurangi tanda-tanda depresi.

Bagaimana ini bisa terjadi? Beberapa mengatakan bahwa menulis dapat melepaskan ketegangan (fungsi katarsis). Yang lain menyebutkan menulis bisa menghambat emosi muncul ke permukaan dan membuat orang memahami diri mereka dan tahu apa yang ingin mereka capai. Penelitian lain juga menyatakan bahwa menulis membuat orang lebih bisa beradaptasi dengan keadaan dan bisa berpikir positif.

 

Bagaimana? Sangat bermanfaat kan aktivitas menulis itu? Oleh karenanya, menulislah maka anda akan sehat dan penuh luck. Tentu saja untuk melakukan aktivitas menulis tidaklah susah, anda dapat menjadikannya sebagai kegiatan rutin, lakukan saja dengan santai. Tuliskan apa saja yang ada dalam pikiran tanpa perlu mengkhawatirkan hasilnya. Bisa juga dilakukan di tempat yang sepi sambil minum teh dan melihat pemandangan sekitar. Jika tak memungkinkan, sekadar menulis pun tidak jadi soal. Lakukan setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Bagaimana? Sudah siap mengusir stress, hidup sehat, dan bahkan beruntung dengan mudah tanpa biaya? Let’s try!

 

Sumber:

psikologikita.com/terapi-menulis-untuk-kesehatan-jiwa

 

 

Klik salah satu link grup di bawah ini dan mulai bergabung dengan ribuan teman yang lain untuk berbagi informasi pendidikan dan diskusi:
Klik Gabung Channel Info Pendidikan dan Karir
Like Facebook Starla
Follow Instagram Starla
Follow Twitter Starla
GRUP TELEGRAM
Info Pendidikan Nasional, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.
GRUP FACEBOOK
Info Pendidikan, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.

BAGIKAN SEKARANG !
4

Share to Care

Ada banyak temanmu yang harus tahu tentang ini 😊

Pilih Format Postingan
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Artikel
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format