Buat Kamu yang Pernah Merasa Sombong, Baca Ini!

3 min


Sombong via: freepik.com

By Niswa Hikmah

Editor : Rifqi Rahman

Seringkali, tanpa sadar kita merasa sombong. Misalnya kamu adalah seorang mahasiswa, kemudian pendapat yang kamu ungkapkan dalam sesi diskusi kelas disetujui oleh dosen, nah pada saat seperti itu kadang kamu merasa terbang dan serasa lebih hebat ketimbang teman-teman lainnya; atau saya yang merupakan seorang penulis lepas dan tiba-tiba tulisan saya tembus di surat kabar ternama, nah di waktu bersamaan saya juga punya potensi untuk merasa hebat, saya bisa dan berkualitas.

Tapi semua orang sudah pasti tahu, sifat demikian bukanlah sifat yang bagus. Saya dan kamu hanyalah manusia biasa, dan manusia adalah makhluk yang terbatas. Ilmu pengetahuan manusia punya batasan, kekuatannya pun memiliki limit. Begitu pula hidup manusia yang pasti akan berakhir.

Namun di sisi lain kita juga harus mengakui, sebagai manusia terkadang kita juga mudah merasa tinggi hati, terutama apabila berada pada posisi yang dilimpahi kenikmatan. Manusia merasa hidupnya selalu masih panjang dan punya banyak angan-angan untuk masa depan, seolah semuanya tidak akan pernah berakhir. Kadang-kadang, rencana-rencana kita itu membuat kita sendiri sombong dan lupa bahwa ada yang membatasi gerak hidup kita. Dan itu sebenarnya adalah sesuatu yang manusiawi, meski sebisa mungkin tetap kita harus hindari.

Nah, untuk mencegah diri kita agar tidak jatuh pada sifat sombong maka berikut adalah hal-hal yang harus kita coba ingat!

1.Sekuat Apa pun Manusia, Akan Jadi Lemah Karena Adanya Bakteri dan Virus

Virus via: pixabay.com

Sekecil apa sih bakteri dan virus itu? Bahkan untuk mengetahui keberadaannya saja, manusia harus memakai mikroskop. Namun, sekalinya tubuh manusia terserang bakteri atau virus ketika sistem imunnya menurun, maka akan langsung menjadi lemah. Manusia yang sebesar ini sakit karena bakteri sekecil itu. Itulah tanda dari Tuhan bahwa manusia tidak boleh sombong, karena sebenarnya manusia itu lemah dan serba terbatas. Ia sejatinya dapat ditumbangkan dengan senjata yang tidak perlu canggih, cukup hanya dengan virus yang amat kecil saja.

2.Umur Manusia Terbatas

Tua dan Muda via: cdn1.pri.org

Meskipun selama hidup kita terus sehat dan bugar, pada akhirnya kematian akan datang. Umur manusia tidak mencapai ribuan tahun, paling panjang hanya seratus, itu pun sudah jarang pada masa ini. Setiap harinya, manusia dihadapkan pada kemungkinan kematian. Tidak ada yang bisa menjamin esok kita masih hidup. Ini karena kematian tidak mengenal tua atau muda, sehat atau sakit. Berapa banyak orang yang sakit justru hidup lebih lama daripada orang-orang yang sehat? Berapa banyak pula orang tua yang jalannya terbungkuk-bungkuk justru lebih lama hidup dibanding anak muda yang justru meninggal dalam sebuah kecelakaan? Artinya semua ini akan berakhir.

3.Di Atas Langit, Masih Ada Langit

Masih ada orang yang lebih hebat dari kita. Via: business2community.com

Jika kita merasa diri kita saat ini paling hebat dan paling kuat, maka jangan lupa bahwa sebenarnya ada yang lebih hebat dan lebih kuat dari kita. Jangan hanya melongok ke bawah dan menyombongkan diri, sebab di atas langit masih ada langit. Di atas orang kaya, masih ada konglomerat. Di atas jutawan, ada miliarder. Di atas siswa yang pandai, ada siswa yang jenius. Di atas orang yang shalih saat ini, masih ada salafus salih di masa lampau. Jadi, jangan pernah merasa pencapaian kita saat ini yang terbaik dan menjadikan kita menepuk dada sombong.

4.Manusia Itu Rapuh dan Mudah Hancur

Apa yang kita punya akan hancur. Via: pixabay.com

Lihatlah, berapa banyak orang yang mati dalam kecelakaan tabrakan, atau gempa bumi, atau angin tornado, atau tsunami, atau jatuh dari pesawat? Atau pernahkah kita coba amati kulit ini, yang jika tergores pisau akan berdarah dan sakit, yang jika terkena api akan terbakar, terkena air panas akan melepuh? Ini seharusnya menyadarkan kita bahwa kita sebenarnya sangat lemah. Kekuatan yang kita bangga-banggakan bisa hilang begitu saja terganti rasa sakit dan ketidakmampuan.

Banyak orang yang kehilangan anggota badan saat bencana alam menimpa kotanya, lantas menjadi sadar bahwa apa yang ia punya selama ini hanyalah titipan. Manusia membuat banyak alat untuk melindungi dirinya—rumah, mobil, pesawat, dan lainnya, tapi alat-alat itu pula yang akhirnya bisa melenyapkan dirinya sendiri. Ini harusnya membuat manusia mawas diri dan terus rendah hati, tidak menyombongkan apa pun yang dimilikinya saat ini, karena sewaktu-waktu Tuhan bisa mengambilnya.

Itulah empat hal yang harus diperhatikan manusia jika pernah terbesit dalam dirinya sedikit saja rasa sombong. Tak ada manusia yang selalu berada di atas—selalu kaya, selalu pandai, selalu sukses, selalu sehat. Pasti ada masanya manusia ada di titik terbawah dalam hidup. Maka, ketika berada di posisi teratas, manusia haruslah terus rendah hati dan tidak memiliki secuil pun rasa sombong, karena kesombongan hanya akan menghancurkan manusia itu sendiri suatu saat nanti. []

Klik salah satu link grup di bawah ini dan mulai bergabung dengan ribuan teman yang lain untuk berbagi informasi pendidikan dan diskusi:
Klik Gabung Channel Info Pendidikan dan Karir
Like Facebook Starla
Follow Instagram Starla
Follow Twitter Starla
GRUP TELEGRAM
Info Pendidikan Nasional, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.
GRUP FACEBOOK
Info Pendidikan, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.


BAGIKAN SEKARANG !
2

Share to Care

Ada banyak temanmu yang harus tahu tentang ini 😊

Pilih Format Postingan
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Artikel
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format