Ini Dia Tiga Modal Biar Bisa Sukses di Masa Depan!

3 min


Sukses via: tribune.com.pk

 

By Niswa Hikmah

Editor : Rifqi Rahman

 

Banyak orang yang merasa khawatir masa depannya tidak akan baik. Seperti mahasiswa yang memutuskan pindah jurusan karena takut terus-menerus tidak nyaman di jurusan sebelumnya, atau khawatir tidak dapat peluang kerja nantinya. Ada juga yang memutuskan pindah kerja demi mendapat gaji dan kedudukan yang lebih tinggi. Kalau kamu lagi galau dan takut dengan kemungkinan gagal di masa depan, ada tiga modal utama yang perlu kamu punya, berikut ini;

Love what we do via: liveyourmark.com

Pakai rumus “love what you do” atau “do what you love

Kedua pilihan ini sama-sama baik. Kalau kamu tidak bisa melakukan apa yang kamu suka, maka mulailah menyukai apa yang tengah kamu lakukan. Dengan berusaha menyukainya, kamu akan jadi benar-benar suka. Dengan menyukainya, kamu akan melakukan yang terbaik dan jadi sukses di bidang itu.

Poin ini berkaitan dengan apa yang dinamakan dengan passion. Sederhana pengertian passion itu, yaitu sesuatu yang membuat kamu sangat bergairah. Semisal kamu mengerjakan sesuatu dan kamu mengerjakan sesuatu itu dengan penuh kenikmatan, itulah passion.

Tentang ini ada pernyataan menarik dari Sandiaga Uno dalam acara Bandung Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 di Sabuga ITB Bandung, bahwa kita dalam melakukan pekerjaan haruslah sedari awal bertanya kepada diri sendiri, “Apakah ini bidang yang kita cintai? Kita harus mengerjakan ini dan pastikan ini adalah gue banget! Bahkan kalau bisa pastikan pekerjaanmu itu memacu andrenalinmu, bangun tidur sekali pun kamu langsung memikirkannya, serasa gak sabar untuk mengerjakannya.”

So guys! Whatever you do, do what you love and love what you do! Kerjakan bidang yang kita cintai,” Ujar Sandi.

Berikan yang terbaik via: entrepreneur.com

Terus berusaha melakukan yang terbaik

Berusahalah melakukan yang terbaik dalam bidang yang sudah kamu pilih. Misalnya, seorang guru, maka bersungguh-sungguhlah mendidik murid-murid agar mereka pandai. Jangan menjalani sesuatu dengan setengah-setengah. Maksimalkan kemampuanmu dengan terus mengasahnya dan mencari pengalaman. Berdirilah selangkah di depan kawan-kawanmu yang lain. Itulah kunci kesuksesan di masa depanmu!

Di sini perlu kamu tahu tentang perbedaan achiever dan mediocre. Kalau kamu mempunyai cita-cita untuk menjadi achiever sejati maka harusnya kamu akan selalu memberikan yang terbaik, mempersiapkan suatu hal yang lebih daripada yang diberikan orang lain, mempunyai rencana yang sangat matang, bekerja lebih keras daripada yang lain, sangat rajin, gigih, ramah, lebih murah hati, tidak pernah hitung-hitungan dalam berkarya, datang lebih awal dan pulang lebih lama. Jadi demikian seorang achiever itu, dirinya memberikan sesuatu yang lebih, dan akan selalu begitu.

Sedangkan kebalikannya, mediocre mempunyai mental receh; ia akan bekerja hanya sesuai bayaran, datang terlambat, ya kadang-kadang tepat waktu dengan harapan bisa pulang lebih awal, sangat perhitungan semisal tidak mau berkorban semisal waktu, ide, tenaga, perhatian, sampai pada uang. Gampangnya, mediocre ini tidak akan mau dirugikan, sama sekali.

Kamu bisa bayangkan hasil akhirnya, achiever dengan totalitas dan mediocre dengan begitu recehnya.

 

Menyerahkan semua kepada Tuhan via: idntimes.com

Berdoa dan menyerahkan pada Tuhan

Setelah memilih passion, memaksimalkan usaha, maka saatnya berdoa. Doa adalah keadaan dimana para hamba paling dekat dengan Tuhannya. Ada banyak hal di dunia ini yang tidak bisa diubah dengan tanganmu sendiri, melainkan hanya bisa dikendalikan oleh Sang Pemilik Kehidupan. Jadi, jangan berputus asa dan serahkan hasil akhir ke tangan Tuhan, setelah berusaha. Jangan khawatir dengan garis takdirmu, karena Tuhan sudah merencanakan. Percayakanlah semua kepada Tuhan, rencana-Nya lebih baik daripada rencana kita! Dan itu pasti terbaik.

Terpenting, kita sudah bekerja keras, memberikan yang terbaik, sisanya kita serahkan semua pada Sang Pemilik Segala Putusan, Tuhan Yang Maha Kuasa. Semuanya pasti akan baik-baik saja.

 

Pepatah bilang, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jadi, hilangkan kecemasan mengenai masa depan dan kegagalan yang mungkin mengisinya. Kalau kamu sudah melakukan tiga poin di atas, maka semua aral rintangan takkan jadi soal.

 

Sumber :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4461265/pesan-sandi-untuk-milenial-do-what-you-love-and-love-what-you-do

Klik salah satu link grup di bawah ini dan mulai bergabung dengan ribuan teman yang lain untuk berbagi informasi pendidikan dan diskusi:
Klik Gabung Channel Info Pendidikan dan Karir
Like Facebook Starla
Follow Instagram Starla
Follow Twitter Starla
GRUP TELEGRAM
Info Pendidikan Nasional, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.
GRUP FACEBOOK
Info Pendidikan, Info Karir dan Kerja, Info Beasiswa, Info CPNS & PPPK.

BAGIKAN SEKARANG !
7

Share to Care

Ada banyak temanmu yang harus tahu tentang ini 😊

Pilih Format Postingan
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Artikel
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format